Sunday, February 14, 2016

Menuju Indonesia Bebas Trypophobia! Lubang adalah Sahabat Kita!

Untuk blog. Untuk bangsa Indonesia bebas phobia lubang kecil.
 
    Pernah dengar trypophobia? Itu tuh yang kalo ngeliat lubang-lubang kecil langsung ngerasa ngeri, pengin muntah, tangan berkeringat, merinding disko, kabur gak karuan, refleks goyang-goyang, pingsan, dan kalau levelnya udah kronis tiba-tiba langsung sesak napas dan menunjukkan gejala sakaratul maut.



    Tahu gak penyebabnya apa? Iya, gara-gara orang kampret yang nyebarin foto lubang-lubang kecil di telapak tangan yang mirip kayak sarang lebah. Anjayy, saya juga lumayan merinding nulis ini sambil ngebayanginnya. Dan.. kenapa sih, ada orang-orang yang kurang kerjaan motoin tangannya itu dan nyebarin di internet. Orang-orang di internet pula juga aneh, nyebarin phobia-phobia yang menular kayak gitu. Itu sama aja kayak ngasih kabar buruk, tauk! Dilebih-lebihkan pula. Jadinya, kita kan suudzon terhadap lubang-lubang kecil itu!


    Sampe pada suatu waktu, foto telapak tangan berlubang kecil itu sampe ke kelas saya, ditunjukkanlah kepada seorang cewek tak berdosa bernama Juniar. Kesan pertama bertemu dengan foto telapak tangan berlubang kecil itu.. nangis, jerit-jerit, histeris.
 

    Gara-gara nangis pas ngeliat foto itu, Ijun (biasa Juniar, panggilannya disebut), jadi terkenal seantero kelas. Bahkan sekolah. Hidupnya jadi gak tenang. Dikit-dikit temannya menakut-nakuti dia dengan membuat tangannya seolah ada lubang-lubang kecil pakai pulpen maupun spidol. Penyakitnya Ijun pun menular. Saya juga jadi ngerasa sedikit merinding juga, sih, sebenarnya, tapi saya tahan. Laki-laki coy, masa takut sama yang kayak gitu. Juga saya gak mau mencapai tahap phobia juga. Lucunya cewek-cewek teman sekelas saya jadi banyak yang ikut takut.
 

    Pernah Ijun ke depan karena mau ngejelasin sejarah. Si Umey teriak, “Bolong-bolong!”
 

    Ijun langsung menggeliat-geliat, matanya merem. Merinding disko tak beraturan.
 

    Terus saya juga cuma nyapa si Ijun, eh, dia malah langsung takut. Kalo ini bukan trypophobia, tapi Fauzyphobia.
 

    Karena prihatin sama fenomena ini, saya sebagai anak bangsa, ingin membebaskan semua orang dari trypophobia dan… inilah sedikit tips yang harus kamu lakukan untuk bebas dari phobia terhadap lubang-lubang kecil! Check this out.
 

1. JANGAN MIKIR YANG ANEH-ANEH TERHADAP LUBANG-LUBANG KECIL ITU


    Dari wikipedia, ada ilmuwan yang kurang kerjaan meneliti penyebab seseorang menderita trypophobia, salah satunya adalah suka mikir aneh terhadap lubang-lubang kecilnya itu! Lubang itu mirip sarang lebah, lah. Di dalam lubang itu bakal ada bahaya menyerang, lah. Dan juga di lubang itu ada sesuatunya, lah. Gara-gara suudzon itulah tubuh jadi membuat respons negatif juga terhadap otak bahwa itu adalah sesuatu yang bahaya. Bisa karena biasa. Mulailah untuk berpikir positif terhadap lubang-lubang kecil itu. Mulailah berpikir bahwa di dalam lubang-lubang kecil itu gak ada apa-apanya. Atau lubang-lubang kecil itu hanyalah sesuatu yang gak ada, cuma khayalan. Cuma dibuat dari pulpen atau spidol. Atau pikirkanlah gebetan kamu ada di lubang kecil itu dan harus kamu tolong. Kalau kamu takut, kamu gak bakal bisa nolong dia dan gak bisa dapat cintanya. Lah..
 

2. KARENA LUBANG ADALAH BAGIAN DARI HIDUP KITA


    Kamu takut terhadap lubang-lubang kecil itu gara-gara kamu menganggap lubang itu gak berarti buat hidup kamu. Kamu jadi ngerasa takut dan menerapkan praduga-praduga negatif yang belum tentu itu benar. Hanya karena takut kamu jadi gak mau mulai hal yang baru. Mulailah sesuatu yang positif, karena toh, lubang adalah bagian dari hidup kita. Coba deh perhatikan sekitar kamu, banyak lubang-lubang kecil yang berguna dan bermanfaat.

Colokkan headset
Lubang-lubang kecil gantungan kunci
Cakram motor
Ventilasi udara
Sedotan warna-warni, unyu bingits.
Colokkan listrik.
Lubang kecil tali sepatu yang berguna
 
Bahkan, lubang hitam yang indah di luar angkasa. Tapi yang ini bukan lubang kecil, ya.

    Dan juga lubang-lubang yang lainnya. Karena tanpa lubang, mungkin kita gak bisa lahir ke dunia ini, cuy. Think again!
 

3. AKU BERANI!


    Nah, ini tahap terakhir, nih. Kalau kamu ngedenger atau ngebaca lubang-lubang kecil aja udah ngerasa takut, mulai deh, untuk ngomong di otak atau ucapkan secara lantang, atau di depan cermin dengan tubuh tegap, “Aku berani terhadap lubang kecil.” Dengan yakin dan mantap. Itu kayak niat kamu. Lama-lama kamu bakal tersugesti untuk gak takut terhadap lubang-lubang kecil itu.
 

    Juga, ketika kamu ketemu dengan lubang-lubang kecil itu kamu bakal gampang karena di otak udah tertanam, “Aku berani terhadap lubang kecil.” Kalau kamu belum biasa, terus sugestikan diri kamu, “Aku berani terhadap lubang kecil.” Kalau kamu ngeliat foto kampret telapak tangan itu ngomong deh sekeras-kerasnya, “Aku berani terhadap lubang kecil.” Terus-terus dan terus. Atau bisa juga diubah kata-katanya yang pas dengan kepribadian diri kamu seperti jadi: “Aku biasa dengan lubang kecil”, “Lubang kecil adalah temanku”, “DAMN! Aku cinta lubang kecil”, “Lubang kecil itu cemen”, “Apaan lubang kecil? Lubang gede juga gua berani!”, atau “Lubang kecil kampret! Sini lo gua hajar!”
 

    Gokil, kan?
 

    Intinya, kamu harus berani melawan.

(9-,-)9
 

    3 tips ini sebenarnya hanya hipotesa saya aja, sih. Kalau misalkan manjur, alhamdulillah. Kalau misalkan gagal.. berarti hipotesanya salah. Soalnya banyak cara untuk ngobatin phobia, dan 3 tahap ini yang paling gampang aja. Karena yang susahnya itu kayak harus ngeliat foto-foto lubang-lubang kecil itu sampe muntah-muntah, sampe pingsan, pokoknya sampe gak kuat dan setelah itu bosan. Habis bosan.. hilang deh phobianya.
 

    Peringatan: Untuk yang belum tahu trypophobia, jangan pernah penasaran untuk search gambarnya di google. Serius, jangan. Nanti malah kena phobianya lagi. Oke.
 

    Yang masih takut, semoga sembuh, ya. Ingat.. berani! Oke?! FIGHT!!! 

(9-,-)9 

Ucapan terima kasih: Juniar, Wikipedia, Google.

5 comments:

  1. saya juga trypophobia mas.. sudah berusaha selantang-lantangnya ngerubah mindset buat nggak geli ngeliat itu. tapi selalu gagal. haha parah..

    good. ^^

    salam kenal mas, aku blogger dari Malang

    ReplyDelete
  2. gue juga geuleuh ama gambar tangan yang berlubang gitu. kaya penyakit tp teryata cuma hoax gambarnya

    ReplyDelete
  3. sumprett...saya juga merinding liat lubang lubang itu -_-

    ReplyDelete

Pembaca setia yang sudah membaca, silahkan berkomentar sebebas mungkin dan seobjektif mungkin. Namun, jangan kasar-kasar soalnya penulis di sini lembut sekali hatinya. Sangat direkomendasikan untuk memberi saran dan kritik, bila mau pujian juga gak apa-apa. Love. You.

Follow by Email