Sunday, October 18, 2015

Sastra dan Ayam..

Untuk Para Ayam Kampus yang Kelak Akan Gue Pacari..


Sastra dan Ayam..



    Gue anak kelas 12 di SMAN 2 Kuningan. Gue adalah orang yang paling gak ribet dalam milih jurusan yang akan gue pilih untuk kuliah nanti. Soalnya, banyak tuh anak kelas 12 yang ribet banget dalam memilih jurusan. Konsultasi dan kepo sana-sini. Bolak-balik ke ruangan BK ketika sekolah. Nyewa psikolog untuk dateng ke rumah. Sampe-sampe ada yang datang ke dukun!
 

    Gue pengin masuk ke jurusan sastra. Sastra? Hellow? Di zaman globalisasi ini lo masuk sastra? Temen-temen gue banyak yang underestimate ke gue. Pesimis akan keberhasilan gue nantinya. Banyak yang menanyakan kepastian nantinya gue akan jadi apa. Juga ada yang bilang, kalo gue nantinya nikah, kawin, dan punya anak, keluarga kecil gue nanti mau di kasih nafkah bukan dengan duit.. tapi dengan syair-syair nan puitis. Gile. Ada benernya juga ya mereka.
 

    Tapi, dari sekian banyak teman-teman palsu yang hanya bikin gue pesimis, ada seorang anak tengil nan ngeselin yang bikin gue bisa optimis. Dialah sahabat gue. Sebut saja Mawar deh. Dia gak mau disebutin nama aslinya. Eh, jangan Mawar, udah terlalu biasa. Sebut saja sahabat gue ini, Raflesia. (Bunga bangkai dong?). Memang dia mirip bangkai. Hahaha. Selanjutnya sebut aja Rafli, ya, soalnya sahabat gue ini cowok. Raflesia kesannya itu feminim, jadi kayak cewek.
 

    Rafli ini bener-bener dukung gue masuk jurusan sastra. Tiap gue ngomong mau kuliah di sastra dan ada yang ngejek gue, dia langsung ngebelain gue. “Eh, jurusan sastra itu belum tentu gak ada masa depan! Sastrawan itu sesungguhnya orang yang paling peka di dunia, lho! Soalnya, mereka bener-bener peka akan keadaan lingkungan sekitar tempat tinggalnya! Mereka benar-benar peduli rincian dan detail kecil akan sesuatu. Mereka curahkan pikirannya dalam bentuk apapun, mau itu novel, puisi, prosa, hikayat, babad, bebet, bobod, apalah. Dan karyanya itu adalah yang nantinya mengubah pandangan hidup banyak orang! Lo liat pengarang novel Harimau! Harimau! yang karyanya itu berhasil mengungkap sifat asli manusia yang suka berpura-pura!! By the way, siapa sih nama pengarang novel Harimau! Harimau!?”
 

    “Mochtar Lubis.” Jawab gue.
 

    “Iya, itu Mochtar Lubis, gue kagum banget sama karyanya yang Harimau! Harimau! itu. Gue baca sampe 7 kali dan enggak pernah bosan. Pokoknya, sastrawan itu keren!” teriak Rafli dengan nada yang sangat bersemangat, sedikit nyinyir juga sih bikin gue agak sebel, tapi gue apresiasi akan ketidakgentarannya dalam membuat gue optimis masuk jurusan sastra.
 

    Tapi, yang gue maksudkan bukan sastra itu.. ah, sudahlah. Rafli mungkin nanti akan bertanya jurusan sastra apa yang akan gue ambil. Lihat, Rafli berhasil mencuci pikiran teman yang tadi ngejek gue. Sampe minta maaf segala lagi. Hahaha!
 

    Setelah bel pulang sekolah tiba-tiba Rafli mengajak gue ke toko buku langganannya di daerah Pasapen. Toko buku Gehenna. Toko buku yang lumayan terkenal di Kuningan karena memperjual-belikan banyak buku yang murah namun kualitasnya oke. Namun gue menolak.
 

    “Lho kok gak mau gue ajak beli buku?” Rafli bingung seketika, terlihat dari raut wajahnya. “Lo pengin masuk jurusan sastra, kan?”
 

    “Iya, gue pengin banget masuk jurusan sastra.”
 

    “Tapi, kok gak mau gue ajak beli buku? Lo mau masuk jurusan sastra apa, sih?”
 

    “Sastra ayam.”
 

    Rafli terperanjat. “Apa??”
 

    Ternyata sahabat gue budek juga ya.
 

    “Ayam.”
 

    “Lo latah apa gimana sih? Atau lagi niru gaya latah Ruben Onsu yang suka kaget terus teriak, 'AYAM-AYAM!!'”
 

    Gue meninggikan suara gue, “Gue pengin masuk jurusan sastra ayam. Jelas?”
 

    Rafli bengong, terus megang jidat gue. “Lo sudah gila, ya? Badan lo lumayan panas nih.”
 

    “Barusan lo megang jidat gue, bukan megang badan gue. Berarti bukan badan gue yang panas, tapi jidat gue.”
 

    “Oh iya, gue lupa.” Rafli nyengir dan langsung memegang badan gue dengan tangannya.
 

    Gue mengejek. “Dasar bego!”
 

    “Lo yang bego kali mau masuk jurusan sastra ayam!”
 

    “Gue bukannya bego! Gue pengin aja mendalami jurusan sastra ayam! Lo bukannya selalu ngedukung gue untuk masuk jurusan sastra! Sekarang, setelah lo tahu gue pengen masuk jurusan sastra ayam lo malah begitu. Sama kayak mereka! Yang selalu pesimis akan diri gue. Hiks.”
 

    Disini gue stop dulu dan mencoba menatap ekspresi sahabat gue itu, apakah dia masih pengin dengerin penjelasan gue atau kagak. Ternyata matanya Rafli melotot. Tanda dia masih pengin lanjut dengerin.
 

    Gue melanjutkan, “Gue pengin masuk sastra ayam karena banyak orang ketika gue ngomong dan mereka gak ngerti mereka nanya ke gue, ‘Lo ngomong apa barusan? Lo ngomong ayam?’ atau ketika gue ngomong terlalu cepat dan mereka gak ngedenger apa yang gue omongin, bukannya minta diulang atau minta suara gue dikerasin, eh malah melakukan hal yang sama, mereka nanya, ‘Lo ngomong ayam?’..”
 

    “..padahal gue gak ngomongin ayam kok! Gue juga gak ngomong kata ‘ayam’! Gue pun gak berkokok, berciak, atau berkotek-kotek layaknya ayam. Gue pengin tau aja kenapa ketika orang-orang gak ngerti akan yang gue ucapkan, atau gue ngomong terlalu cepat dan mereka gak denger, mereka malah menghakimi gue dengan semena-mena. Mereka nyebut gue seekor ayam??!!..”
 

    “..Dari sini gue ingin mendalami hal tersebut. Gue ingin mendalami dan mempelajari tentang perayaman, seluk beluk dunia ayam, terutama bahasa ayamnya itu. Apakah gue ketika sedang berbicara mirip dengan ayam yang sedang kukuruyuk? Sehingga ketika gue ngomong, apa yang mereka dengar adalah kukuruyuk-nya gue. Atau wajah gue yang mirip ayam? Gue sudah bercermin dan badan gue gak mirip ayam. Gue gak punya paruh, gue gak punya jengger, gue gak bertelur, tapi punya telur sih, dua biji. Tapi bukan telur ayam betulan, kan? Itu mah telur kelamin!!..”
 

    “.. Gue juga gak eek di sembarang tempat, kok. Tapi mereka, bilang, gue mirip ayam?..”

    Rafli tertegun. Dan meneteskan air mata dengan deras seperti sungai Citamba yang meluap karena habis hujan, makanya jadi deras.
 

    “Gue pikir, inilah passion gue, Fli. Ayam adalah passion gue. Ayam, coy! Ayam! A.. YAM!! Gue jadi selalu berpikir tentang ayam. Dan ketika gue memikirkan ayam, gue senang sekali! Ketika gue tidur, gue selalu bermimpi tentang ayam-ayam itu. Gue mimpi dikejar anak-anak ayam. Tentunya, anak-anak ayam raksasa. Bukannya gue takut, gue malah menikmati ketika dikejar anak-anak ayam itu, soalnya anak-anak ayam itu lucu banget! Bulunya warnanya kuning, paruhnya runcing, dan ciak-ciaknya itu, lho, unyu! Dan setelah gue bangun, keringat bercucuran deras dari badan gue. Gue tidur sekaligus membakar kalori!..”
 

    Rafli memegang pundak gue dan melihat lebih dalam ke dalam bulatnya mata gue. Gue malah bengong. Rafli pun akhirnya ngomong, “Jadi ketika lo praktek pelajaran Kewirausahaan itu, yang ngeharusin kita beternak ayam, lo ngerasa seneng banget ya? Gue juga ngerasain ketika itu elo kok kayak semangat bener? Gue juga terpaksa ikut semangat, padahal gue paling ogah sama ayam. Jijay! Ngeliat lo semangat, gue jadi ikut semangat..”
 

    Gue jawab, “Begitulah. Intinya, gue pengen masuk ke jurusan sastra ayam untuk gue kuliah nanti, Fli. Arahin gue, jelasin ke gue, jabarkan! Universitas mana yang gue harus masuk ke situ dan bisa ngambil jurusan sastra ayam?!!”
 

    “Setahu gue. Di Indonesia gak ada, deh.”
 

    “Wah, berarti gue harus kuliah di luar negeri dong?” Gue mulai sedikit pesimis.
 

    “Gak ada juga, kayaknya. Iya, di luar negeri juga gak ada.”
 

    Gue bener-bener sedih ngedenger jawaban Rafli. Kayak gak ada harapan lagi untuk hidup di dunia yang fana ini.
 

    “Tapi..”
 

    Secercah cahaya harapan melingkupi hati dan jiwa. Gue menerka-nerka apa yang akan diomongin selanjutnya oleh si Rafli..
 

    “Untuk jurusan peternakan ayam bisa!”
 

    “Ngomong dari tadi! Dasar lo bisanya bikin gue sedih aja!” Gue gembira sekali dan langsung nampol kepala Rafli sekeras-kerasnya.
 

    “Lagian, lo maunya masuk sastra ayam, ya enggak ada lah!!” Rafli nampol gue balik.
 

    “Ya udah gue masuknya jurusan peternakan ayam aja!!”
 

    “Eh, tapi kalo masuknya jurusan peternakan, bukan ayam aja, lho, yang diurusin. Sapi, kambing, kerbau, ikan gurame, ikan nila, ikan lele sangkuriang, kayak begitu juga. Lo gak apa-apa hidup dengan binatang-binatang ternak selain ayam?”
 

    “Binatang-binatang ternak itu kan teman-temannya ayam. Teman-temannya ayam, teman gue juga.”
 

    “Kayaknya gue mau kuliah psikologi aja, deh.” Kata Rafli sambil berpikir, menimbang-nimbang.
 

    “Lho, kenapa, katanya lo mau masuk jurusan Astronomi? Cita-cita lo katanya mau jadi kayak yang di film Interstellar, Gravity, dan The Martian!”
 

    “Mmm.. soalnya, biar nanti ada yang ngurusin lo. Soalnya lo gila!”
 

    “Gue bukannya gila! Tapi masa lalu gue yang gila! Dan orang-orang sekitar gue yang gila! Nyebut gue ngomong ayam segala macem, itu artinya mereka yang gila!”
 

    “Udahan, ah! Jadi beli buku gak nih ke Gehenna?”
 

    “Ummm.. Enggak deh. Eh, tapi, mmm, sebenarnya, dari tadi gue mau ngomong jujur ke elo..”
 

    “Apaan lagi? Lo berubah pikiran dan mau masuk jurusan sastra Godzilla? Terus aja yang aneh-aneh??!”
 

    “Bukan. Hehe. Gue sih pengen beli buku, tapi, ya, dompet gue nih yang lagi krisis. Alias kagak ada saldonya!”
 

    “Ah, elah, main kode-kodean dompet lagi krisis segala. Ngomong aja gak punya duit! Entar gue traktir deh, lo pengennya buku tentang apa? Tentang ayam? Anak ayam? Ayam betina? Ayam kampus? Ayok kita beli! Bila perlu kalo penjual bukunya mirip ayam, gue borong sekalian!!”
 

    “Capcus, cyin!”



    Tamat.




(9-,-)9

Bonus:

Keluarga Besar Fakultas Sastra Ayam Universitas Si Mamba Hitam, Guideamus Igitur!